Monday, July 31, 2017

Jujur itu kemerdekaan

JUJUR itu KEMERDEKAAN

Pernyataan ini tidak akan membahas tentang "bohong-dusta" karena sekali berbohong, maka akan melakukan kebohongan berikutnya.

Jujur saja, saya tidak termasuk orang yang pantas meriwayatkan ayat al-Qur'an atau Hadits Rasulullah, karena semua hal yang diriwayatkan melalui ku, itu rusak, dho'if juga jauh dari shaheh apalagi mutawatir.

Aku ini pembohong, pendusta dalam setiap hal kepada setiap orang, kepada Tuhan bahkan terhadap diriku saja masih suka dusta.

Badanku ini suka gak jujur terhadap akal fikirku; akal fikirku tidak jujur terhadap nafsuku; nafsuku tidak jujur terhadap hatiku; dan hatiku sering tidak jujur terhadap ruhku.

Bahkan aku sudah sangat malu sekali, untuk berkata jujur terhadap Tuhanku, karena Tuhan sangat tahu siapa aku.

Wahai sahabatku...
Sang Imam Hujjatul Islam pernah menyatakan tanda persahabatan; salah satunya adalah tidak ada rahasia sedikitpun diantaranya.

Bagaimana dikata, kita sebagai orang jujur; jika panca indera, tubuh, nafsu, akal, hati dan ruh kita tidak pernah terbuka untuk sama sama bekerja.

Bagaimana kita sebagai pribadi yang jujur; jika masih ada rahasia diantara kita dengan istri, anak, orang tua, teman kerja, tetangga, bahkan terhadap orang yang kita anggap paling dekat dan nyata.

Berkata dan berperilakulah jujur; karena Tuhanmu.
Jika kita masih berlaku jujur karena berharap dunia, atau takut karena kekejaman dunia, atau jujur karena berharap cinta berbalas, berarti hidup kita berat menanggung beban berada di bawah tekanan dan tidak punya kuasa.

Wahai para pejuang...
Merdeka-kan dirimu
Bebaskan dirimu dari perbudakan; akal-fikiran, nafsu-perasaan, cinta-balasan; Hidup dalam tekanan sungguh mengenaskan.

Kawan....
Pintar itu butuh belajar,
Benar itu butuh keberanian,
Cinta itu butuh pengorbanan,
JUJUR itu butuh Kemerdekaan.

Sahabatku....
Mari saling nasihat menasihati dalam kebaikan dan jujur dengan kenyataan, agar hidup tetap berada di jalan menuju Tuhan.

Semoga kita diberi kekuatan untuk  jujur dan tidak hanya sekedar benar.

Semoga Diberkahi Disertai Rahman Rahim Tuhan.

No comments:

Post a Comment

Mahasiwa Zaman Now

  lucuketawangakak.blogspot.com Mahasiswa Zaman Now S elama manusia masih menempati bumi ini, maka selama itu pula man...