Friday, September 22, 2017

Tujuan manusia oleh parid maulana

Tujuan Manusia
=============================
Sering kita dengar dan saksikan kata tersebut, baik di sebuah ceramah, diskusi, maupun seminar seminar.
Pertanyaan adalah seberapa tahukah kita akan tujuan kita ini, bukan hanya sekedar makan, main, bekerja dan lainnya.
Menurut (Rif'ah Badawi Rafi' al-Tahtawi), atau yang biasa di kenal dengan Al-Tahtawi (1801-1873 M) seorang pembaharuan pemikiran Muslim asal Mesir.
Ia mengatakan bahwa tujuan dari pada manusia itu tidakkah banyak hanya ada 2.
1. Menjalankan perintah Allah.  Sebagaimana kita ketahui bahwasanya, kita itu tidak lebih sebatas untuk ibadah dan taat kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Karena dengan cara itulah kita akan mendapatkan apa yang kita mau apa yang kita inginkan tanpa disangka dari mana datang atau hinggapnya suatu rezeki tersebut, terlepas Apakah Rezeki itu berupa materi, keilmuan, pemahaman dan juga hikmah yang kita bisa ambil dari kejadian suatu peristiwa yang menurut kita tidak mengenakkan
2. Mencari kesejahteraan. Kesejahteraan akan dicapai dengan dua Jalan Pertama    berpegangan pada agama serta budi pekerti baik dan yang kedua adalah dengan cara kita belajar memanage suatu usaha dan ikhtiar kita sebaik mungkin dengan tidak mengesampingkan berdoa karena sejatinya suatu usaha sekeras apapun bila tidak dibarengi dengan doa maka akan menjadi sia-sia.
Sejatinya kita sebagai seorang muslim maka dianjurkan untuk selalu taat dan patuh terhadap  apa yang telah ditentukan oleh Allah subhanahu wa ta'ala tanpa mengesampingkan berusaha. karena pada dasarnya dunia ini adalah tempatnya bekerja atau dalam istilah lain addunya Darul kasbi. Dengan slogan atau kata ini maka kita bisa memahami bahwa sejatinya permasalahan akan selalu datang dan bagaimana kita bisa kembali terhadap tujuan kita.  dengan selalu bekerja keras, berkomitmen dan mempunyai integritas untuk membangun kehidupan pribadi kelompok, negara, Agam bahkan dunia. sekalipun ekspektasi itu berlebihan tapi di dunia ini tidak ada yang mustahil jika kita berusaha dan berdoa.
Karena itulah tujuan kita sebagai khalifah yang diberi emban untuk memimpin dunia ini dan mengelola apa-apa yang ada dengan tidak mengeksplorasi SDA dan SDM secara berlebihan, karena semuanya mempunyai batasan batasan tertentu, dimana pada akhirnya akan musnah baik secara di sengaja maupun tidak. Hal yang perlu di lakukan agar itu tidak terjadi dalam waktu dini adalah dengan mengembangkan sebuah inovasi baru yang lebih efisien dan mutakhir.
Bangkitlah generasi mudaku, teruslah berkarya berinovasi tanpa henti, dan jangan mudah menyerah pastikan ada seribu lebih jalan menuju tempat yang sama.

No comments:

Post a Comment

Mahasiwa Zaman Now

  lucuketawangakak.blogspot.com Mahasiswa Zaman Now S elama manusia masih menempati bumi ini, maka selama itu pula man...