Friday, September 22, 2017

Manusia Goa oleh parid maulana

Manusia Goa
=============================
Manusia kalau diartikan secara nyeleneh bisa berarti"MANA ANU SIA" dengan kata lain tak ada satupun yang kita miliki di dunia ini pada keseluruhan.
Kemudian Goa secara KBBI berarti Liang (lubang yang besar) yang berada di lereng sebuah gunung. Goa di anggap sakral /keramat, karena tidak semua orang bisa masuk kedalamannya, terlepas apakah itu karena gelap, hampa udara, atau ada semacam nilai mistis di dalamnya.
Pada dasarnya ketika kita mengamati dengan seksama maka, kita dapat mempersepsikan goa itu adalah manusia itu sendiri, yang mana di dalam jati diri manusia memang tidak dapat di pungkiri banyak sekali terdapat goa /liang. Kemudian karena manusia itu adalah goa maka yang harus terjadi adalah, kita harus mencerminkan sifat goa kedalaman diri kita seperti: Sunyi, gelap, bersifat membangun dll.
Sunyi adalah sifat alami dari goa dimana ketika kita masuk kedalaman goa maka, kesunyian akan tercipta. Ketika kita mengalami berbagai macam problematika yang kompleks maka hal yang perlu dan harus kita lakukan adalah sunyi /mensunyikan diri (Uzlah/bermeditasi)  dengan mengembalikan segala urusan terhadap Tuhan dengan cara beribadah.
Kemudian gelap, buang semua keramaian dalam eksistensimu ketika akal tak sanggup lagi memahami realitas dunia yang serba Fana ini. Kita fokuskan tujuan kita pada awal mula tugas kita sebagai pemangku beban Amanah terbesar dari Tuhan.
Nah, yang ketiga ini mungkin barang kali agak aneh,fungsi dari goa kok membangun? Jawabannya adalah.. Karena sejarah telah membuktikan bahwa manusia manusia Goalah yang paling besar membangun peradaban umat manusia, suka tidak suka kita harus mengakui bahwa Nabi Muhammad SAW adalah manusia Goa paling sukses sepanjang perdaban dunia, ada juga Ashabul kahfi yang dengan tidurnya di goa mereka membuat peradaban yang sangat fenomenal sehingga di abadikan dalam Al-Qur'an.
Dalam literatur Indonesia juga ada, meskipun pada kebanyakan bersifat menyimpang contoh, pemujaan Dll

No comments:

Post a Comment

Mahasiwa Zaman Now

  lucuketawangakak.blogspot.com Mahasiswa Zaman Now S elama manusia masih menempati bumi ini, maka selama itu pula man...